Cara Mengatasi Dan Merawat Rambut Rontok TerAmpuh Alami Dengan Cepat

Penyebab Dan Cara Mengatasi Serta Merawat Rambut Rontok Parah

alopati   .Buat kamu yang sedang mengalami rambut rontok pasti bertanya tanya kenapa kok rambut saya rontok?untuk kamu yang mengalami rambut rontok hanya sedikit saja atau masih dalam batas wajar itu tidak masalah,tetapi jika rontoknya berlebihan penting untuk segera di atasi.

Rambut rontok berlebihan pertanda apa ?.Ya rambut rontok yang berlebihan akan beresiko kepala kamu menjadi botak,pastinya kamu tidak ingin menjadi botak.Untuk itu saya kan berbagi cara mengatasi,merawat ,mencegah dan juga informasi penyebab rambut rontok.
tips cara mengatasi merawat mengobati mencegah bahaya rambut rontok

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria Dan Wanita


1.Rambut rontok karena hormon

Rambut rontok dapat dipicu oleh hormon diantaranya: hormon dihydro testosterone (DHT),hormon alopesia androgenetik dan hormon alopesia areata.

Penyebab rambut rontok pada pria yaitu Hormon alopesia androgenetik yang merupakan penyebab paling besar terjadinya rambut rontok kebotakan,dan resiko terkena kebotakan lebih besar pria pada wanita.Perbandingannya 70% terjadi pada pria dan 30% pada wanita.Sesuai dengan nama hormonnya yaitu alopesia androgenetik,rambut rontok yang terjadi termasuk penyakit keturunan yang diakibatkan adanya peningkatan tingkat sensitif genetik folikel rambut kepada dihydrotestosterone.

Salah satu penyebab rambut rontok pada usia muda yaitu karena Hormon Alopesia Areata menyebabkan terjadinya rambut pitak,yang mana hormon ini disebabkan oleh penyakit automium.Biasanya terjadi pada seseorang usia remaja serta dewasa.Tetapi tidak usah khawatir rambut rontok pitak yang diakibatkan hormon ini hanya bersifat sementara dan akan tumbuh lagi sesudah setahun.

Alopesia areata bisa diakibatkan oleh penyakit diantaranya virtiligo,persinius,diabetes,anemia dan tiroid.Terjadinya rambut rontok pada wanita juga terjadi pada masa kehamilan,akibat efek samping penggunaan alat kontrasepsi dan juga saat usia memasuki masa monopouse.

2.Rambut rontok akibat penyakit

Rambut rontok parah juga dapat disebabkan oleh penyakit kronis contohnya penyakit diabetes dan lupus.Hal itu akibat dari kamoterapi yang akibatnya menyeluruh pada wajah,kulit kepala dan bagian tubuh lainnya.Kamoterapi adalah terapi pengobatan penyakit.Rambut akan dapat tumbuh kembali jika berhenti melakukan kamoterapi.

3.Rambut rontok akibat Perawatan Rambut

Penyebab rambut rontok pada wanita salah satunya adalah Perawatan rambut yang biasanya berakibat membuat rambut rontok yaitu Penggunaan alat catok dan alat pengeriting rambut serta alat pengering.Saat menggunakan alat catok,jarak catok dengan kulit kepala begitu dekat yang akibatnya akar rambut akan menjadi kering sehingga rambut beresiko patah lebih cepat.

Sedangkan penggunaan alat pengeriting rambut,prosesnya rambut dililitkan ke alat yang akibatnya menarik akar rambut serta beresiko rambut pecah dan bercabang sehingga kekuatan akar rambut lemah yang akhirnya menjadi kerontokan.

Penggunaan alat pengering rambut seperti hair dryer juga beresiko rambut rontok hal ini karena rambut mudah kering dan mengakibatkan akar rambut mudah patah.

4.Rambut rontok akibat penggunaan produk berbahan kimia

Penggunaan produk berbahan kimia secara berlebihan dan tidak cocok dengan sensitifitas kulit kepala dan rambut termasuk penyebab rambut rontok .Salah satu produk berbahan kimia adalah pewarna rambut,penggunaan warna rambut dengan dosis berlebihan serta terlalu sering berganti ganti warna beresiko terjadinya kerontokan rambut.

Selain pewarna rambut,produk yang digunakan untuk rebounding atau meluruskan rambut juga beresiko membuat rambut rusak.

5.Rambut rontok akibat efek samping penggunaan obat

Penyebab rambut rontok karena penggunaan obat diantaranya obat untuk pengobatan depresi,obat kamoterapi,obat pengencer darah,dan obat untuk kontrasepsi.Rambut rontok karena efek samping ini dapat diatasi dengan menghentikan penggunaan obat tersebut.

6.Rambut rontok akibat  Kurangnya asupan gizi serta vitamin

Penyebab rambut rontok dari dalam tubuh yaitu pengaruh gizi dan vitamin rambut yang tidak mencukupi untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut dan kulit kepala.Rambut rontok yang terjadi yaitu rambut yang tumbuh tipis dan rapuh. Karena kurangnya vitamin untuk rambut rontok.Untuk mengatasi rambut rontok ini cukupi dan penuhilah kebutuhan gizi dan vitamin di dalam tubuh.

7.Rambut Rontok Akibat Jarang Keramas

Penyebab rambut rontok karena jarang keramas atau jorok ini terjadi karena menumpuknya minyak berlebihan pada kulit rambut yang menjadi lembab.Dan ketika terkena panas matahari minyak yang menumpuk akan bercampur dengan keringat.Akibatnya di serap oleh folikel rambut sehingga membuat rambut lepek.Yang akhirnya mudah rontok.

Disarankan ketika berkeramas jangan menggosok rambut terlalu kencang dan pakailah shampo yang cocok dengan kulit dan rambut kamu.

8.Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang

Untuk kamu yang berambut panjang dan sering mengikat rambut,harap di perhatikan agar jangan terlalu kencang mengikatnya,karena akan membuat akar rambut mudah tertarik,sehingga memicu mudahnya terjadi kerontokan.Selain berakibat rambut rontok mengikat terlalu kencang juga terasa sakit di kepala.

9.Rambut rontok karena Panas matahari

Penyebab rambut rontok pada wanita berjilbab juga serupa dengan hal ini yaitu Terkena panas matahari secara langsung atau tidak langsung secara berlebihan akan membuat rambut menjadi lemah hal ini karena berkurangnya keratin rambut.Yang mana keratin rambut bermanfaat untuk membuat rambut tetap sehat berkilau.Keratin adalah protein yang terdapat pada rambut,gigi dan kuku.


10.Rambut rontok saat kehamilan

Yang ini adalah penyebab rambut rontok pada wanita yang mana tidak sedikit wanita yang sedang hamil mengalami rambut rontok pada saat masa kehamilan atau juga setelah melahirkan.Tapi jangan khawatir rambut rontok karena ini hanya bersifat sementara dan akan pulihlagi sekitar 3 bulan setelah melahirkan.

11.Penyebab rambu rontok karena faktor stress

Seseorang yang sedang dalam keadaan stress atau tertekan dapat menyebabkan kerontokan rambut.Hal ini pada saat stress mengakibatkab otot otot syaraf kepala menjadi menegang,karena menegangya ini membuat akar otot  syaraf rambut menjadi lemah.Nah karena akar syaraf rambut melemah sangat beresiko mengalami rambut rontok.

Nah itulah beberapa faktor pemicu penyebab rambut rontok,yang mana akibat rambut rontok adalah beresiko terjadinya kebotakan entah itu permanen atau sementara.

Setelah mengetahui faktor yang memicu rambut rontok,saatnya bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan pada pria dan wanita berjilbab.Dan juga mengatasi rambut rontok dan kering.Berikut perawatan rambut rontok secara alami.

Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok Dan Berketombe


1.Mengatasi rambut rontok dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal akan banyak manfaatnya untuk kesehatan,salah satunya untuk mengatasi masalah rambut rontok.Caranya yaitu:Oleskan minyak zaitun pada rambut sembari dipijat agar meresap ke akar rambut sekitar 30 menit,kemudian bersihkan dengan keramas seperti biasa dengan shampo.

2.Mengatasi rambut rontok dengan Minyak kemiri

Selain untuk mengatasi rambut berketombe ternyata kemiri juga dapat mengatasi rambut rontok,caranya juga mudah:tuang minyak kemiri beberapa tetes ke telapak tangan,oleskan pada seluruh permukaan rambut hingga ke akar akarnya,Biarkan dulu selama 1 jam sembari dipijat.Terakhir bersihkan dengan cara keramas menggunakan shampo.

3.Mengatasi rambut rontok dengan Santan Kelapa

Santan kelapa memiliki banyak manfaat untuk kebaikan rambut termasuk mampu mengatasi rambut rontok.Caranya mudah yaitu:siapkan santan secukupnya sekitar 1 sampai 3 gelas sesuai kebutuhan,kemudian gunakan untuk keramas dengan di siramkan atau di oles oleskan ke rambut kepala sembari dipijat sekitar selama 30 menit.Terakhir bilas dengan keramas menggunakan shampo.Lakukan minimal 3 hari sekali.

4.Mengatasi rambut rontok dengan Masker buah buahan

Buah yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dalam mengatasi kerontokan diantaranya alpukat,pisang,melon dan semangka.Buah tersebut memiliki kandungan antioksidan dan asam sitrat untuk memperkuat rambut berkilau,sedangkan untuk yoghurt dan alpukat bersifat menjaga kelembaban.

Cara membuatnya pun mudah,kamu bisa menggunakan kombinasi 3 macam buah.Blender beberapa macam buah tersebut hingga halus kemudian tambahkan yoghurt sebanyak 1 sendok makan dan aduk hingga rata.Setelah jadi gunakan sebagai masker rambut dengan cara balurkan atau oleskan keseluruh bagian rambut,diamkan selama 15 menit.Terakhir bersihkan dengan air bersih.

5.Mengatasi rambut dengan Jeruk Nipis

Selain bermanfaat menghilangkan ketombe jeruk nipis yang kaya kan vitamin C juga mampu mengatasi rambut rontok.Caranya juga muday yaitu:potong jeruk nipis lalu gosok gosokan pada kulit kepala dan permukaan rambut sekitar selama 15 menit.Terakhir bilas dengan air bersih.

6.Mengatasi rambut dengan Lidah Buaya

Lidah Buaya memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia kesehatan,bahkan dipercaya mampu mengatasi rambut rontok.Caranya pun sangat mudah yaitu siapkan lidah buaya kemudian potong dan ambil gel dagingnya,selanjutnya oles oleskan pada seluruh bagian rambut termasuk ke kulit kepala.Biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan keramas.

7.Merawat rambut rontok dengan Jahe

Jahe memiliki kandungan zingeron yang bermanfaat untuk mengobati rambut rontok.Caranya pun praktis yaitu:siapkan beberapa ruas jahe,kemudian parut jahe,Nah gunakan parutan jahe pada rambut dengan cara di balurkan atau dioles oleskan keseluruh bagian rambut dengan merata.Diamkan dulu selama 20 menit barulah cuci bersih dengan melakukan keramas menggunakan shampo.

8.Mengatasi rambut rontok dengan Bawang Putih

Bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut rontok parah karena memiliki kandungan antibakteri yang mampu membunuh parasit serta mampu mengatasi infeksi pada kulit kepala.Caranya yaitu:
  • Siapkan beberapa bawang putih kemudian potong dan haluskan
  • Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun
  • Hasilnya oles oleskan pada seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala
  • Biarkan dahulu sekitar 30 menit
  • Bersihkan dengan berkeramas
  • Agar hasil lebih optimal lakukan setiap hari secara teratur.

9.Merawat rambut rontok dengan Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang tinggi sehingga bermanfaat dan mampu mengobati rambut rontok secara alami.Caranya mudah yaitu:hampir sama dengan cara menggunakan bawang putih.Agar rambut tidak terlalu bau bawang,setelah selesai keramaslah dengan menggunakan shampo.

Sesuai dengan judul yang saya buat yaitu cara merawat rambut rontok dan berketombe,untuk informasi tentang rambut berketombe baca Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat

Kesimpulan:Penyebab rambut rontok dari dalam tubuh adalah kurangnya asupan gizi dan nutrisi,sedangkan faktor dari luar adalah pengaruh penyakit dan lingkungan.Untuk merawat dan mengatasi rambut rontok dapat memanfaatkan bahan bahan alami.semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon